Contoh Makalah Peran Pengolahan Data Elektronik (PDE) Jurusan Sistem Komputer

05.29
Contoh Makalah Peran Pengolahan Data Elektronik (PDE) Jurusan Sistem Komputer
Siklus Pengolahan Data (Makalah Pengolahan Data Elektronik)

Yat95 Blog - Contoh Makalah Peran Pengolahan Data Elektronik Jurusan Sistem Komputer. - Assalamualaikum Wr.Wb... Kembali bertemu pada artikel Contoh Makalah Peran Pengolahan Data Elektronik Jurusan Sistem Komputer dimana saya akan membagikan contoh makalah gratis yang saya buat sendiri dengan mengambil beberapa sumber lain di internet. Makalah Peran Pengolahan Data Elektronik ditujukan untuk mata kuliah Pengolahan Data Elektronik (PDE) pada Universitas/Sekolah Tinggi semester 1 yang kebetulan saya dapatkan juga materi ini pada perguruan tinggi STMIK Bina Bangsa Kendari.

Kembali ke judul awal, mungkin langsung saya bagikan saja Contoh Makalah Peran Pengolahan Data Elektronik Jurusan Sistem Komputer yang saya kumpul dari berbagai sumber sebagai tugas mata kuliah Pengolahan Data Elektronik (PDE)

Makalah Pengolahan Data Elektronik (PDE)

Makalah Pengolahan Data Elektronik (PDE) untuk jurusan Sistem Komputer, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer, Manajemen Komputer, Manajemen Ilmu Komputer.

Download Makalah Pengolahan Data Elektronik (PDE)

Contoh Makalah Peran Pengolahan Data Elektronik Jurusan Sistem Komputer dapat anda download pada link dibawah ini :
Download Makalah Peran Pengolahan Data Elektronik Jurusan Sistem Komputer





  Tugas : PDE
PERAN PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK


 

Disusun Oleh:
Muh Abd Hasan Nur Hidayat
201652017

Sistem Komputer/Kelas A
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
BINA BANGSA KENDARI
2016


Kata Pengantar

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan Rahmat, Hidayah, Taufik dan Inayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam proses pembelajaran mata kuliah Pengolahan Data Elekronik (PDE).
Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca dan dosen pembimbing untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.




                                                                                                  Kendari , 9 Oktober 2016
                                                                                              Muh Abd Hasan Nur Hidayat



BAB II
PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK

A.    Komponen Dasar Komputer untuk Pengolahan Data
Untuk mengolah sebuah data elektronik kita perlu tahu komponen dasar apa yang ada pada komputer untuk pengolahan data itu sendiri. Komponen dasar komputer untuk pengolahan data yaitu terdiri dari :
1.      Hardware
Hardware adalah peralatan dari sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah. Dalam pengolahan data elektronik, hardware harus menyediakan 4 fungsi umum :
a.      Peralatan input
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan pada komputer adalah keyboard, mouse, joystick, scanner, Touch panel, Microphone, dan sebagainya.
b.      Peralatan Pemrosesan (CPU)
            CPU (Central Processing Unit ) merupakan unit yang mengendalikan semua unit sistem komputer dan mengubah input menjadi output.
-          CPU terdiri dari CU (Control Unit), ALU (Arithmatic Logical Unit), Register.
-          CU : bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer.
-          ALU : bertugas melakukan semua perhitungan aritmatika dan logika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
-          Register : ruang tampat penyimpanan instruksi dan data yang sedang di proses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama.


c.       Primary Storage
Primary Storage merupakan ruang penyimpanan yang berisi data yang sedang diolah dan program yaitu berisi suatu daftar instruksi yang mengolah data. Primary Storage terdiri dari RAM, ROM, dan Cache Memory.
d.      Peralatan output
            Peralatan Output pada komputer merupakan komponen komputer yang berfungsi menghasilkan informasi yang diperoleh dari hasil proses dari peralatan proses komputer. Output hasil proses dari komputer digolongkan menjadi 4 bentuk yaitu: huruf, gambar, suara dan video. Peralatan output akan menghasilkan informasi untuk manusia sehingga bisa dibaca, dilihat, didengar dan dipahami. Macam-macam dari peralatan Output seperti Printer, Monitor, LCD Proyektor, Speaker dan sebagainya.

2.      Software
            Software atau perangkat lunak adalah instruksi atau program untuk menjalankan sistem komputer berupa data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer. Software atau perangkat lunak disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras.
a.      Programming Language (Bahasa Pemrograman) dalam Pengolahan Data :
            Programming Language (bahasa pemrograman) adalah bahasa-bahasa yang dipakai untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi (program). Programming Language (Bahasa Pemrograman) dapat dibedakan menjadi :
            Low Level Language (Bahasa tingkat rendah)
            Level ini merupakan bahasa yang lebih dekat hubungannya dengan mesin, atau biasa disebut juga Machine Oriented atau Bahasa Mesin seperti Bahasa Assembler.
High Level Language (Bahasa tingkat tinggi)
            Level ini merupakan bahasa yang termasuk lebih dekat dengan aplikasi problemnya,atau biasa disebut juga Problem Oriented seperti BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code), FORTRAN (Formula Translator – untuk aplikasi ilmiah/teknik), COBOL (Common Bussiness Oriented Language – untuk aplikasi komersial), PL/1 (Program Language One – merupakan kombinasi FORTRAN dan COBOL, untuk aplikasi ilmiah dan komersial), RPG (Report Program Generator – untuk aplikasi komersial), ALGOL (Algorithmic Language), PASCAL (diambil dari nama tokoh matematika Blaise Pascal – untuk aplikasi komersial/umum), C++ ()
b.      Operating System
            Operating System (Sistem Operasi) adalah suatu sistem yang terdiri dari; komponen-komponen software yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan di dalam komputer, mulai dari ketika komputer dihidupkan sampai komputer dimatikan. Sistem Operasi merupakan bagian software yang sangat penting yang memiliki program-program untuk mengatur peralatan Input/Output supaya berfungsi sebagaimana mestinya. Sistem Operasi disimpan dalam Auxiliary Storage Unit yang disebut System Residence Device (SYSRES), dipanggil melalui Initial Program Loader (IPL) dan dimasukkan ke Memory. Sistem Operasi yang banyak dipakai misalnya: DOS (Disk Operating System), Microsoft Windows, UNIX, Linux dan sebagainya.
3.      Object Oriented Programming (OOP)
            Pemrograman yang menggambarkan sebuah program sebagai kumpulan obyek diskrit yang berisi struktur data (atau class) dan rutin-rutin yang dapat berinteraksi dengan obyek lain. Kelompok bahasa pemrograman jenis ini dapat menghasilkan program yang mempunyai tampilan grafis dikenal dengan istilah GUI (Graphical User Interface) yang mirip dengan tampilan 3D. Salah satu keuntungan OOP adalah mempercepat waktu pembuatan aplikasi dan keakuratan kode lebih terjamin. Misalnya :
-       Java, C++ dan SmallTalk
-       Microsoft Visual Basic (merupakan pemrograman BASIC versi OOP)
-       Borland Delphi (versi OOP dari bahasa Pascal)
-       Borland C++ Builder (versi OOP dari bahasa C++)




B.     Pengolahan Data Elektronik

1.      Definisi          
Electronic Data Processing (EDP) atau biasa disebut Pengolahan Data Elektronik (PDE) adalah proses memanipulasi dari data ke dalam bentuk yang berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer.
            Dalam definisi diatas, kita dapat menarik beberapa pengertian umum dari Pengolahan Data Elektronik (PDE) yang terdiri dari Data, Pengelohan Data, Pengolahan Data Elektronik, Sistem Pengolah Data, dan Informasi.
a.      Data adalah suatu penggambaran fakta, pengertian instruksi yang dapat disampaikan dan diolah oleh manusia atau mesin. Contoh data dapat berupa angka, karakter, alphabet, simbol, gambar, suara, dll.
b.      Pengolahan Data (data processing) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi
c.       Pengolahan Data Elektronik adalah manipulasi dari data ke bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu computer.
d.      Sistem Pengolahan Data adalah sistem yang melakukan pengolahan data. Contoh : sistem pengolahan data penjualan, sistem pengolahan data pegawai dll.
e.       Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.


1.      Siklus Pengolahan Data Elektronik
Suatu proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle), yaitu input, processing dan output.

Tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut. Siklus pengolahan data yang dikembangkan dapat ditambahkan tiga atau lebih tahapan lagi, yaitu origination, storage dan distribution.
Contoh Makalah Peran Pengolahan Data Elektronik (PDE) Jurusan Sistem Komputer
Contoh Makalah Peran Pengolahan Data Elektronik (PDE) Jurusan Sistem Komputer

Origination. Tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.
Input.  Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam komputer lewat alat input (input device). Tahapan ini meliputi kegiatan :
·         Collecting
·         Veryfing
·         Encoding
Processing. Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses (processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.
Tahapan ini meliputi kegiatan :
·         Classifying
·         Sorting
·         Calculating
·         Sumarizing
Output. Tahap ini merupakan proses menghasilkan output/keluaran dari hasil pengolahan data ke alat output (output device), yaitu berupa informasi. Tahapan ini meliputi kegiatan :
·         Storing
·         Retrieving
·         Communication
·         Reproducing
Distribution. Tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
Storage. Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage). Hasil dari pengolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya.

2.      Pengolahan Data Pada Komputer
Pengolahan data pada komputer meliputi :
a.       Pengumpulan data
Sistem pengolahan data dirancang untuk mengumpulkan data yang menggambarkan tiap tindakan internal perusaahaan dan menggambarkan transaksinya dengan lingkungannya.
b.      Pengubahan Data
operasi pengubahan data mencakup : pengklasifikasian, penyortiran, pengkalkulasian, perekapitulasian, pembandingan.
c.       Secondary Storage
merupakan penyimpanan cadangan / tambahan. Contoh : disket, hardisk, magnetic tape dll.
d.      Penyimpanan Data
Semua data harus disimpan disuatu tempat sampai ia diperlukan. Data tersebut disimpan dalam berbagai media penyimpanan, dan file yang disimpan disebut database.


e.       Pembuatan Dokumen
Sistem pengolahan data menghasilkan output yang dibutuhkan oleh perorangan atau kelompok baik di dalam maupun luar perusahaan.

3.      Manfaat Pengolahan Data
Dengan digunakannya pengolahan data elektronik, maka manfaat yang dapat diperoleh adalah meminimalkan kebutuhan tenaga manusia, hal ini karena beberapa pekerjaan dilakukan secara otomatis oleh peralatan bantuan seperti komputer. Keuntungan lain adalah kemampuan komputer untuk memproses data lebih besar, keakuratan yang lebih besar, kecepatan yang lebih besar, fasilitas pengendalian otomatis dan pengolahan secara serentak.
Contoh manfaat Pengolahan Data dalam perusahaan :
1. Pembuatan faktur Penjualan, dengan sudah dimanfaatkannya pengolahan data komputer, maka operator hanya memasukkan jumlah barang yang dipesan, karena nama pelanggan, alamat, harga sudah ada dalam database dan perhitungan total sudah kita dapatkan dari hasil proses program.
2. Perhitungan upah dan gaji, dengan sudah dimanfaatkannya pengolahan data komputer, operator hanya menginput banyaknya jam kerja, lembur, bonus atau komisi, hari absen dan untuk kode pegawai, nama pegawai, gaji pokok, informasi perhitungan pajak pendapatan, neraca pinjaman dan informasi kumulatif lainnya sudah ada pada database dan program yang memprosesnya.

4.      Data Base Management System (DBMS)/Sistem Manajemen Basis Data (SMB)
DBMS dapat diartikan sebagai program komputer yang digunakan untuk memasukkan, mengubah, menghapus, memodifikasi dan memperoleh data/informasi dengan praktis dan efisien.

Kelebihan dari DBMS antara lain adalah:
Kepraktisan. DBMS menyediakan media penyimpan permanen yang berukuran kecil namun banyak menyimpan data jika dibandingkan dengan menggunakan kertas.
  Kecepatan. Komputer dapat mencari dan menampilkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat.
Mengurangi kejemuan. Pekerjaan yang berulang-ulang dapat menimbulkan kebosanan bagi manusia, sedangkan mesin tidak merasakannya.
 Update to date. Informasi yang tersedia selalu berubah dan akurat setiap.

Keuntungan-keuntungan dalam penggunaan DBMS antara lain adalah:
a.       Pemusatan kontrol data. Dengan satu DBMS di bawah kontrol satu orang atau kelkompok dapat menjamin terpeliharanya standar kualitas data dan keamanan batas penggunaannya serta dapat menetralkan konflik yang terjadi dalam persyaratan data dan integritas data dapat terjaga.
b.       Pemakaian data bersama (Shared Data). Informasi yang ada dalam basis data dapat digunakan lebih efektif dengan pemakaian beberapa user dengan kontrol data yang terjaga.
c.        Data yang bebas (independent). Program aplikasi terpisah dengan data yang disimpan dalam komputer.
d.   Kemudahan dalam pembuatan program aplikasi baru.
e. Pemakaian secara langsung. DBMS menyediakan interface yang memudahkan pengguna dalam mengolah data.

Kelemahan-kelemahan DBMS antara lain:
a.        Biaya. Kebutuhan untuk medapatkan perangkat lunak dan perangkat keras yang tepat cukup mahal, termasuk biaya pemeliharaan dan sumber daya manusia yang mengelola basis data tersebut.
b.        Sangat kompleks. Sistem basis data lebih kompleks dibandingkan dengan proses berkas, sehingga dapat mudah terjadinya kesalahan dan semakin sulit dalam pemeliharaan data.
c.        Resiko data yang terpusat. Data yang terpusat dalam satu lokasi dapat beresiko kehilangan data selama proses aplikasi.

5.      Model Data
Sekumpulan konsep terintegrasi yang dipakai untuk menjabarkan data, hubungan antardata, dan kekangan terhadap data yang digunakan untuk menjaga konsistensi.
-          Model  data hirarkis
-          Model data jaringan
-          Model data relasional
-          Model data berbasis objek


a.      Model Data Hirarkis
Data diorganisasikan kedalam bentuk elemen data (field), rekaman (record), dan berkas (file). Definisi dari ketiganya adalah sebagai berikut: Elemen data adalah satuan data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna. Misalnya data siswa terdiri dari NIS, Nama, Alamat, Telepon atau Jenis Kelamin. Rekaman merupakan gabungan sejumlah elemen data yang saling terkait. Istilah lain dari rekaman adalah baris atau tupel. Berkas adalah himpunan seluruh rekaman yang bertipe sama.


b.      Model Data Jaringan
Hampir sama dengan model data Hirarkis. Tidak mengenal akar, anak bisa memiliki satu orang tua.

c.       Model data relasional
Sekumpulan tabel berdimensi dua
(relasi/tabel) => kolom dan baris

d.      Model data berbasis objek
Model data yang menerapkan teknik pemograman berorientasi objek => mengemas data dan fungsi untuk mengakses data ke dalam bentuk obyek.


6.      Software DBMS
Beberapa software DBMS adalah :
MS Acces, My SQL, Oracle, SQL Server, Postgre, Fire Bird, Paradok,
Interbase, Sybase, DB2, Informix, FoxPro, Clipper.
a.  My SQL
Adalah software yang menggunakan standar  SQL, yang bersifat multi-thread dan multi-use.
Kelebihan My SQL antara lain :
a.    Software sumber terbuka dibawah lisensi GPL.
b.   Free (bebas di download)
c.    Stabil dan tangguh
d.   Fleksibel dengan berbagai bahasa pemrograman
e.    Mampu menangani basis data dalam skala besar
f.    Mempunyai beberapa lapis sistem keamanan seperti subnetmask, host name, izin akses user serta sandi terenkripsi
b.  Oracle
Kelebihan oracle :
a.  Dapat bekerja dilingkungan client/server
b. Mampu menangani manajemen space dan basis data yang besar
c. Mendukug akses data secara simultan
d. Performansi pemrosesan transaksi yang tinggi
c. Microsoft SQL server
Merupakan produk andalan microsoft untuk database server. Umum digunakan di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil hingga menengah, dan berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data besar.
d. Firebird
Kemampuan dari open source Firebird :
a. Sebuah transaksi bisa di commit atau di rollback dengan mudah
b. Menggunakan sintaks standard untuk menciptakan foreign key
c. Menggunakan multi version concurrency system
d. Bisa melakukan replikasin data dengan operasi insert, update atau delete ke dalam database
e. Visual Foxpro
Pada tahun 1995 Foxpro berkembang menjadi Visual Foxpro dan dilengkapi dengan pemrograman berorientasi objek, serta dapat membangun aplikasi berbasis web.
f. Postgre SQL
Unggul dalam menentukan kemampuan tipe data
Data basenya mampu memahami hubungan dan mengambil informasi dari tabel terkait.
g. DB2
IBM DB2 Enterprise Server Edition merupakan sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data relasional yang dikembangkan oleh IBM. Perangkat lunak tersebut utamanya berjalan pada sistem operasi Unix (sebut saja AIX), Solaris, Linux, IBM i/OS/400, z/OS, dan Microsoft Windows.
h. Clipper
i. FoxPro
FoxPro adalah Sebuah Sistem Ddatabase Manajemen (Database Manajemant Sistem/DBMS) elektronik, yang berfungsi untuk mengumpulkan, mengambil, dan menampilkan data. Visual Foxpro Merupakan bahasa pemrograman yang berbasis OOP (Object Oriented Programing) dan juga sebagai sistem manajemen data base relational (RDMS/Sistem basis data).

7.      Data Warehouse
Data warehouse adalah sebuah sistem yang mengambil dan menggabungkan data secara periodik dari sistem sumber data ke penyimpanan data bentuk dimensional atau normal.Data warehouse merupakan penyimpanan data yang berorientasi objek, terintegrasi, mempunyai variant waktu, dan menyimpan data dalam bentuk nonvolatile sebagai pendukung manejemen dalam proses pengambilan keputusan.
Tidak semua data warehouse mempunyai komponen lengkap seperti mekanisme kualitas data, database multidimensi, aplikasi analisis, aplikasi pengguna, control sistem, audit sistem, metadata.

8.      Data Mining
adalah ekstraksi pola yang menarik dari data dalam jumlah besar.

9.      OLAP (Online Analitycal Processing)
Online Analytical Processing (OLAP ) merupakan suatu metode pendekatan untuk menyajikan jawaban dari  permintaan proses analisis yang bersifat dimensional secara cepat, yaitu desain dari aplikasi dan teknologi yang dapat mengoleksi, menyimpan, memanipulasi suatu data multidimensi untuk tujuan analisis.
OLAP (Online Analytical Processing)  adalah teknologi yang memproses data di dalam data warehouse dalam struktur multidimensi, menyediakan jawaban yang cepat untuk query analisis yang kompleks.
Adapun karakteristik dari OLAP, yaitu:
Ø Mengijinkan user melihat data dari sudut pandang logical dan multidimensional pada data warehouse.
Ø Memfasilitasi query yang komplek dan analisa bagi user.
Ø Mengijinkan user melakukan drill down untuk menampilkan data pada level yang lebih detil atau roll up untuk agregasi dari satu dimensi atau beberapa dimensi.
Ø Menyediakan proses kalkulasi dan perbandingan data.
Ø Menampilkan hasil dalam bentuk number termasuk dalam tabel dan grafik.

Kelebihan Menggunakan OLAP (Online Analytical Processing)
Ø   Dapat meningkatnya produktivitas bisnis, IT developers, dan seluruh organisasi.
Ø Akses yang lebih terkendali terhadap informasi yang dapat meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan.
Ø   Mempercepat respon terhadap permintaan pasar.
Ø Mengurang “backlog”pengembangan aplikasi bagi staf IT dengan membua tpemakai akhir dapat merubah schema dan membangun model sendiri.

       Manfaat OLAP (Online Analytical Processing)
Kesuksesan implementasi aplikasi OLAP meningkatkan produktivitas manajer bisnis, pengembang, dan organisasi secara keseluruhan. Fleksibilitas yang melekat dari sistem OLAP berarti pengguna bisnis aplikasi OLAP dapat menjadi lebih mandiri. OLAP memungkinkan manajer untuk memodelkan masalah yang tidak mungkin dilakukan dengan menggunakan sistem yang kurang fleksibel dengan waktu tanggapan yang panjang dan tidak konsisten.

10.  ERP (Enterprise Resource Planning)
ERP adalah sebuah sistem informasi  perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya,  informasi dan aktifitas yang diperlukan  untuk proses bisnis lengkap. ERP juga merupakan software yang mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam satu system komputer yang dapat melayani semua kebutuhan perusahaan, baik dari departemen penjualan, HRD, produksi atau keuangan.
Konsep dasar ERP

Kelebihan ERP :
  1. Integrasi antara area fungsional yang berbeda untuk meyakinkan komunikasi, produktifitas dan efisiensi yang tepat.
  2. Rancangan Perekayasaan
  3. Pelacakan pemesanan dari penerimaan sampai fulfillment
  4. Mengatur saling ketergantungan dari proses penagihan material yang kompleks
Kelemahan ERP :
  1. Terbatasnya kustomisasi dari perangkat lunak ERP.
  2. Sistem ERP sangat mahal.
  3. Perekayasaan kembali proses bisnis untuk menyesuaikan dengan standar industri yang telah dideskripsikan oleh sistem ERP dapat menyebabkan hilangnya keuntungan kompetitif.
  4. ERP sering terlihat terlalu sulit untuk beradaptasi dengan alur kerja dan proses bisnis tertentu dalam beberapa organisasi. 
  5. Data dalam sistem ERP berada dalam satu tempat, contohnya : pelanggan, data keuangan. Hal ini dapat meningkatkan resiko kehilangan informasi sensitif, jika terdapat pembobolan sistem keamanan.



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Pengolah Data Elektronik (PDE) adalah manipulasi dari data ke bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer. Siklus pengolahan data terdiri dari tiga tahapan dasar yaitu input, processing dan output, selanjutnya dapat dikembangkan lagi dengan menambahkan 3 tahapan yaitu origination, storage dan distribution.
Metode yang digunakan dalam pengolahan data terdiri dari dua jenis yaitu batch processing (proses tunda) dan immediate processing (proses segera). Kegiatan manajemen data mencakup : Pengumpulan data, Integritas pengujian, Penyimpanan, Keamanan, Pemeliharaan, Organisasi dan Pengambilan keputusan.

B.     Saran
 Semoga makalah ini dapat bermanfaat dalam pembelajaran Pengolahan Data Elektronik (PDE) sehingga menghasilkan informasi yang berkualitas dan dibutuhkan oleh para pembacanya.



DAFTAR PUSTAKA

1.      Pengolahan Data Elektronik. www.google.com
2.      Pengolahan Data. http://id.wikipedia.org/wiki/Online_analytical_processing
3.      Komponen Komputer. http://lilis-92.blogspot.co.id/p/blog-page.html
4. Siklus Pengolahan Data. http://www.slideshare.net/anissolekha/sistem-pengolahan-data.html
 
Klik DISINI untuk mendownload Makalah Peran Pengolahan Data Elektronik Jurusan Sistem Komputer

Itulah tadi artikel mengenai Contoh Makalah Peran PDE untuk jurusan Sistem Komputer. Bila ada kekurangan dalam penulisan mohon untuk dimaklumi. Jika ada keterangan, komentar dan saran silahkan untuk menuliskannya pada kolom komentar dibawah. Terimakasih.-

Tags : Makalah Pengolahan Data Elektronik (PDE) untuk jurusan Sistem Komputer, Makalah Pengolahan Data Elektronik (PDE) untuk jurusan Sistem Informasi, Makalah Pengolahan Data Elektronik (PDE) untuk jurusan Teknik Informatika, Makalah PDE Teknik Komputer, Makalah Peran PDE Manajemen Komputer, Makalah PDE Manajemen Ilmu Komputer.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔